Thursday, March 24, 2011

Guru Hebat Ciptakan Sekolah Berkualitas

KEDIRI- Untuk mentransformasi nilai-nilai keunggulan dalam rangka menciptakan sekolah-sekolah berkualitas, dise­lenggarakan seminar `Rahasia Sukses Menjadi Guru Hebat', di hotel Lotus, Kediri (18/12). Lebih dari 500 peserta mengikuti acara yang digelar atas kerjasama Majelis Dikdasmen PDM Kota Kediri dengan JKP2M (Jaringan Kerja Pengembangan Pendidikan Muhammadiyah) Kediri Raya. Perlu diketahui, JKP2M adalah forum kerjasama sinergis antar-Majelis Dik­dasmen PDM Kota dan Kabupaten Kediri, Kota dan Kabu­paten Blitar, Nganjuk, Tulung Agung, dan Trenggalek, yang dideklarasikan pada 24 Oktober 2009.

Hadir sebagai narasumber Mulyana MPsi dan Prof Imam Robandi. Dalam paparannya Mulyana menyatakan, kunci menjadi guru hebat adalah keterpanggilan. "Menjadi guru adalah sebuah tugas suci dan panggilan jiwa yang akan bisa menembus jiwa-jiwa yang lain, terutama murid-murid. Indikator utama sebagai seorang guru hebat, kehadirannya selalu dirindukan semua orang, baik oleh teman guru maupun murid-muridnya," tandas Mulyana.

Sementara Imam Robandi mengemukakan 2 hal strategic yang hams dipahami dan dihayati para guru. Pertama, brand­ing berbasis add value. Sekolah-sekolah Muhammadiyah ha­rus bisa menciptakan nilai tambah dan manfaat yang sebesar­besamya pada masyarakat dengan keunggulan-keunggulan. Sekolah hams dikemas cantik, menarik, dan atraktif Jangan berpenampilan kotor dan kumuh, kuno, dikelola apa adanya tanpa konsep. Kedua, seluruh SDI terutama guru adalah entrepreneur, marketer, part of the system, member of the world, dan ciptaan Allah yang sangat luar biasa. "Apabila bisa mengimplementasikan nilai-nilai ini setiap hari, akan tercipta sebuah ledakan potensi sangat dahsyat dan akan tercipta ke­bangkitan umat Islam dan kebangkitan bangsa Indonesia," paparnya.

No comments:

Post a Comment